Tuesday, March 21, 2017

Cara Memainkan Game PSP di Android Dengan Mudah

Cara Memainkan Game PSP di Android Dengan Mudah


Cara Bermain Game PSP di Android - Sekarang smartphone dilengkapi dengan spesifikasi hardware mengagumkan, yang membuatnya lebih mampu memainkan sebuah game dengan tingkat grafik yang tinggi. Namun bukan berarti agar kita meninggalkan kebiasaan terdahulu sebelum datangnya smartphone.

Ada saat dimana PlayStation Portable atau PSP adalah sebuah perangkat yang "pernah tenar" ramai. Tapi sekarang hadirnya smartphones telah membuat PSP sepi. Beruntung, kita tak perlu mengucapkan selamat tinggal pada games favorit kita di PSP. Karena kita juga bisa memainkan PSP game di smartphone yang berbasis Android.

Berikut adalah cara dengan mudah memainkan game PSP gratis di Android menggunakan emulator khusus.

PSP emulator


Ada beberapa emulator PSP sudah bisa didownload di Google PlayStore, namun tidak semuanya berfungsi dengan baik. Pada tutorial kali ini, emulator yang dipergunakan adalah emulator PPSSPP. Ini merupakan aplikasi Android yang open source serta didukung dengan iklan versi freenya. Di sana juga ada versi berbayar (Pro) yang akan menghilangkan iklan --fitur lainnya masih sama-- dan tampilannya berupa icons gold.

PPSSPP bisa didownload dari Google Play Store untuk perangkat menggunakan ini berjalan pada Android versi 2.3 atau lebih. Namun aplikasi ini tidak dilengkapi dengan semua jenis game PSP, jadi image ISO atau file .CSO dari game PSP harus ditambahkan di Telepon Android untuk memuat (load) game.

Mendapatkan ISO Image dari Games PSP

Untuk mulai bermain game PSP dengan emulator PPSSPP, pastikan ISO image dibuat sebelumnya dari PSP UMD (Universal Media Disc). Syukurlah, proses tersebut tidaklah sulit bahkan juga gratis. Selain itu, membuat ISO image dari game PSP untuk kepentingan pribadi itu legal.


Jika gambar ISO telah tersedia di ponsel Android, jalankan PPSSPP emulator dan masuk membuka tab "Games". Disini, semua folder di Telepon akan ditampilkan, arahkan ke folder yang di mana ISO image berada. Di sanalah ada beberapa game yang dapat dimainkan. Kini, ketuk game yang sudah ada untuk menjalankan gamenya.


Tombol akan ditampilkan di layar dan cukup sentuh tombol tersebut untuk menggunakannya.


Sebenarnya, pengalaman bermain game PSP di Android tak akan sama seperti di PSP sesungguhnya dengan biasanya menggunakan tombol fisik. Emulator PPPSSPP ini juga menampilkan banyak pengaturan penyesuaian untuk meningkatkan kinerja game. Tekan "Settings" pada interface utama, maka akan muncul beberapa pilihan. Atur pilihan ini sesuai dengan kebutuhan.


Note: Kinerja dari game ini bergantung pada spesifikasi ponsel Android Anda. Beberapa permainan yang bisa dimainkan mungkin sedikit yang bekerja lebih lambat, serta beberapa mungkin bahkan tidak berfungsi sama sekali. Disarankan untuk gunakan ponsel menengah Android atau kelas atas.

Available link for download

download
alternative link download